PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada pegawai non medis Instalasi Sterilisasi di RS Dr. Kariadi Semarang)

Adi Setya Pamungkas, Sri Yuni Widowati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya penurunan target di Instalasi Sterilisasi Rumah Sakit  DR. Kariadi Semarang, untuk itu dapat dirumuskan masalahnya adalah bagaimana upaya   Bagian Instalasi Sterilisasi meningkatkan Kinerja Karyawan agar target sasaran mutu tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan  Bagian Instalasi Sterilisasi di Rumah Sakit DR.  Kariadi  Semarang.  Data  dikumpulkan  melalui  metode  kuisioner  dengan  menggunakan teknik Sensus terhadap 61 orang responden bagian Instalasi Sterilisasi. Pengolahan data menggunakan  analisis  regresi  berganda,  pengujian  hipotesis  melalui  uji  t,  pengujian  model dengan uji f, serta analisis koefisien determinasi. Hasil yang diperoeh dalam penelitian ini adalah besarnya nilai koefisien determinasi adalah 0,547 yang artinya 54,7% variabel Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja   berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan.

 

Kata kunci : Kepemimpinan, Lingkungan Kerja,Disiplin Kerja,Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i3.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.