PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL

Dzikriyah Dzikriyah, Ardiani Ika Sulistyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011- 2015.Teknik sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling yaitu metode pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Sampel yang dipilh ada 16 perusahaan perbankan yang melaporkan hasil laporan keuangannya kepada Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015 dan diperoleh data observasi sebanyak 80 data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan landasan teori yang digunakan Trade off Theory dan Pecking Order Theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan, struktur aktiva dan profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Selain itu diperoleh nilai Adjust R Square adalah 38,5%, sisanya sebesar 61,5% struktur modal dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.  

 

Kata Kunci : struktur modal, pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, ukuran perusahaan dan profitabilitas.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i3.2612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.