EFEKTIVITAS PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG UMKM DI KECAMATAN DENPASAR UTARA

Made Santana Putra Adiyadnya, Ida Ayu Nyoman Yuliastuti, Putu Pradiva Putra Salain

Abstract


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, menyatakan bahwa seluruh masyarakat menjadi bagian yang sangat penting dari semua pemangku kepentingan yang ada. Sektor UMKM adalah yang paling dipilih oleh publik karena mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Tingkat efektivitas program Kredit Usaha Rakyat (KUR) digunakan untuk mengukur kemampuan pemerintah daerah dalam merealisasikan program pemerintah.

Penelitian tentang Efektivitas Kredit Usaha Rakyat ini dilaksanakan di Kecamatan Denpasar Utara. Variabel yang dianalisis adalah: 1) Variabel Input, dengan 

indikator ketepatan program, sosialisasi program dan tujuan program; 2) Variabel Proses, dengan indikator respon petugas, tingkat pemantauan dan tingkat evaluasi; 3) Variabel Keluaran, dengan indikator tingkat pendapatan pengusaha.

Hasil dari program Efektivitas Kredit Usaha Rakyat terhadap Pendapatan Pedagang UMKM di Kecamatan Denpasar Utara cukup efektif. Peningkatan pendapatan terjadi pada UMKM di Kecamatan Denpasar Utara dan masih memiliki peluang untuk ditingkatkan sebagai bagian dari pembangunan ekonomi nasional. Respon petugas terhadap keluhan pedagang mengenai program Kredit Usaha Rakyat setelah program diterapkan haruslah cepat agar dapat meningkatkan tingkat pendapatan pedagang UMKM.

 

Kata kunci:     Pembangunan Ekonomi, Program Kredit Usaha Rakyat, Paradigma Awal, Efektivitas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i3.2608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.