UPAYA – UPAYA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. PERTAMINA LUBRICANTS REGION IV SEMARANG (Pada Produk Fastron)

Dwi Widi Pratito Sri Nugroho, Puput Adi Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang membuat pelanggan loyal dan menjelaskan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan agar pelanggan tetap loyal.

                Desain penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Setting penelitian dilakukan di PT Pertamina Lubricants Region IV Semarang, dilakukan pada tahun 2019.Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi.Kredibilitas data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan model miles huberman, dimana analisis dilakukan secara terus menerus sampai tuntas hingga data sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukan Kualitas pelayanan, promo yang menarik dan terusmenerus, Kualitas produk yang mempunyai keunggulan, SDM yang ahli dan bertanggung jawab,pelayanan service yang memudahkan pelanggan membuat terpenuhinya harapan pelanggan dan menjadikan mereka puas dan menjadikannya loyal. Dan komunikasi yang akrab dengan pelanggan, kerja sama saling menguntungkan, serta peningkatan sarana prasarana dan teknologi dapat menjaga loyalitas pelanggan.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan, Loyalitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i3.2606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.