PENGARUH TOTAL ASSET, GROWTH, DAN DER, TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ROA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Listed Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

Adhi Widyakto, Teguh Ariefiantoro

Abstract


Studi ini dilakukan berdasarkan dua hal:  Pertama, fenomena bahwa selama tahun 2014, 2015, 2016 banyak perusahaan industri manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia, mempunyai Price Book Value (PBV) lebih kecil dari satu. Pertanyaannya adalah mengapa fenomena itu terjadi.  Kedua, beberapa studi yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut menghasilkan temuan yang berbeda. Timbul pertanyaan tentang factor determinan dari PBV.  Apakah PBV dipengaruhi Size, Growth, Debt Equity Ratio dan ROA, serta apakah ROA merupakan veriabel mediasi dari pengaruh  Size, Growth, terhadap PBV

Penelitian ini menggunakan empat macam teori, yaitu; signaling theory, economic of scale theory dan performance theory. Data penelitian ini adalah data panel dengan sampel sebanyak 75  dari 110 perusahaan selama tahun 2014, 2015 dan 2016.  Pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling. Analisis menggunakan model regresi dengan ROA sebagai variabel mediasi. 

Hasil temuan utama studi ini adalah; pengaruh Size terhadap ROA positif signifikan, pengaruh Growth terhadap ROA positif signifikan.  Size  berpengaruh secara signifikan terhadap PBV baik secara langsung maupun tidak langsung melalui ROA sebagai variabel mediasiPengaruh langsung dari Growth dan DER ternyata tidak signifikan.  Pengaruh ROA terhadap PBV adalah positif  signifikan, ROA juga secara signifikan merupakan variabel mediasi dari pengaruh Size, Growth, terhadap PBV.  Hasil temuan dengan model ROA sebagai variabel mediasi diharapkan dapat memberikan sumbangan baru bagi studi dibidang manajemen keuangan. 

 

Kata Kunci: Size, Growth, ROA, DER dan PBV


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i2.2305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.