LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN CAPITAL INTENSITY : IMPLIKASINYA TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK

Ayu Vepri Liani, Saifudin Saifudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan capital intensity terhadap agresivitas pajak. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah likuiditas, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan capital intensity. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan effective tax rates (ETR).

             Populasi yang diambil sebagai objek penelitian ini berjumlah 20 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013-2017. Periode pengamatan dilakukan selama 5 tahun. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 55 berdasarkan kriteria tertentu. Data dianalisis menggunakan model analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 22

             Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Sedangkan likuiditas dan capital intensity  tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

 

Kata kunci : Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Capital Intensity dan Agresivitas Pajak.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i2.2301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.