ANALISIS PERAN BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus pada Ayam Geprek Sako Blora 1)

Rini Wahyuni, Edy Mulyantomo, Edy Suryawardana

Abstract


Bauran pemasaran adalah salah satu cara untuk memenangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan baik untuk perusahaan baik untuk perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa. Bauran pemasaran dirancang untuk menentukan arah, tujuan keputusan pemasaran dalam bisnis yang berkaitan dengan segmentasi pasar, identifikasi target pasar, dan elemen bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk: mendapatkan gambaran tentang peran strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.

Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, kreadibilitas penelitian menggunakan triangulasi, serta dalam analisis interaksif dengan menggunakan analisis teknis berupa reduksi data, oresentasi data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Ayam Geprek Sako Blora 1 dalam meningkatkan penjualan adalah: (1) menjual produk menggunakan kualitas terbaik, mempertahankan dosis resep, dan menyediakan beberapa varian produk (2) menentukan harga jual sesuai dengan kualitas dan rasakan dan sesuaikan harga bahan baku (3) pilih lokasi yang strategis dengan menyediakan tempat makan yang nyaman dan tempat parkir yang luas (4) membuat papan nama, promosi dari mulut ke mulut dan memberikan layanan lebih banyak.

 

Kata kunci = kualitas produk, varian produk, harga, lokasi, promosi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i2.2299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.