PENGARUH CITRA MEREK, INOVASI PRODUK PAKET PERJALANAN, KESAN KUALITAS JASA DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET UMROH PT. MADINAH IMAM WISATA KABUPATEN SEMARANG

Citra Rizkiana, Asih Niati

Abstract


Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, setiap tahunnya memberangkatkan jumlah jamaah umroh yang terus meningkat setiap tahunnya. Data kemenag RI menunjukkan selama 1439 H/2018 M total jamaah umroh Indonesia mencapai 1,050,000 jamaah, bahkan data berjalan sampai dengan April 2019 ini jamaah umroh sudah tercatat 849,000 jamaah (sumber: laman kemenag.go.id). Hal tersebut mendorong  semakin bertambahnya biro perjalanan atau tour dan travel yang ada di Indonesia .PT. Madinah Iman Wisata Cabang Kabupaten Semarang salah satu travel Umroh tidak bisa secara konsisten menangkap animo umroh yang terus meningkat ini.Tahun 2019 penjualan turun drastis hingga 50 % .Hal ini lah yang melatar belakangi penelitian ini, penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis faktor citra merek Biro Umroh , inovasi produk paket perjalanan umroh, kesan kualitas jasa dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian paket umroh dan haji di PT.Madinah Iman Wisata cabang Kabupaten Semarang.

              Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh alumni jamaah PT. Madinah Iman Wisata Cabang Kab.Semarang yang diketahui secara pasti sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling non probability sampling dengan jenis purposive sampling yang menghasilkan sejumlah 95 responden jamaah dan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel citra merek, inovasi produk paket perjalanan, kesan kualitas jasa dan motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket perjalanan umroh di PT. Madinah Iman Wisata cabang Kabupaten Semarang. Hasil nilai adjusted R square pada model regresi diperoleh sebesar 0,518 yang artinya 51,8 persen kualitas jasa dan motivasi konsumen sedangkan sisanya sebesar 48,2 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

 

Kata kunci: citra merek, inovasi produk paket perjalanan, kualitas jasa, motivasi konsumen dan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i2.2297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.