FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Ayu Fitriani, Ardiani Ika Sulistyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset (ROA), leverage, ukuran perusahaan, kompensasi kerugian fiskal, kepemilikan institusional, dan komite audit terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Penelitian ini dilakukan karena beberapa penelitian terdahulu menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diambil dari Bursa Efek Indonesia yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 16.0. Berdasarkan kriteria, diperoleh 46 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel leverage, kompensasi kerugian fiskal, dan komite audit berpengaruh terhadap tax avoidance. Sedangkan variabel sisanya yakni return on asset (ROA), ukuran perusahaan, dan kepemilikan isntitusional terbukti tidak berpengaruh terhadap return saham.

Kata Kunci : Tax Avoidance, ROA,Leverage, Ukuran Perusahaan, Kompensasi Kerugian Fiskal, Kepemilikan Institusional, Komite Audit.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i2.2296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.