KONTRIBUSI PENGETAHUAN PRODUK HALAL, RELIGIUSITAS DAN SIKAP DALAM PEMBENTUKAN NIAT BELI

Ken Sudarti, Rio Dananto Lazuardi

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengetahuan tentang produk halal yang digunakan dapat
meningkatkan niat pembelian konsumen muslim terhadap pizza hut di kota Semarang. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh pengetahuan produk halal, religiusitas dan sikap terhadap
niat membeli konsumen. Populasi serta sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 konsumen
Muslim yang tertarik dengan produk pizza hut. Data rasio penelitian diperoleh dari kuesioner dan observasi.
Analisis data menggunakan program SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan produk
halal, religiusitas dan sikap secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap niat beli. Berdasarkan analisis data
hanya pengetahuan produk halal sikap tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sikap dalam penelitian ini
dianggap sebagai variabel intervening.

Kata kunci: pengetahuan produk halal, religiusitas, sikap, dan niat membeli


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v16i3.2173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.