STRATEGI BERTAHAN DI TENGAH MARAKNYA TOKO MODERN (Studi Kasus pada Toko Tradisional Bu Yuli di Kelurahan Pendrikan Lor Kecamatan Semarang Tengah)

Emaya Kurniawati, Anitiyo Soelistiyono, Teguh Ariefiantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berdirinya toko modern terhadap omset
penjulan dan keuntungan toko tradisional dan juga mengetahuii solusi toko tradisional agar
dapat bertahan ditengah maraknya toko modern.
Desain penelitian yang digunakan adalah Holistic single case study atau studi kasus tunggal
holistik yaitu penelitian yang menempatkan sebuah kasus sebagai fokus dari penelitian. Jumlah
unit analisis yang digunakan hanya satu atau bahkan sama sekali unit analisisnya tidak dapat
dijelaskan, karena terintegrasi dengan kasusnya. informan kunci yaitu bu yuli, dan konsumen
yang sudah lama membeli di Toko bu yuli, dan secara lisan atau tulisan dan juga perilakunya
yang nyata dan diteliti dan dipelajari sebagai suatu yang utuh.
Dari hasil penelitain dan pembahasan di lapangan maka dapat diambil kesimpulan sebagai
berikut: Dengan keberadaan toko modern yang letaknya berdekatan dengan toko tradisional
sangat mempengaruhi omzet Toko tradisonal bu Yuli yang mana omzet menurun sampai 45%;
Toko tradisonal bu yuli tetap optimis dapat tetap membuka usaha tokonya walaupun di wilayah
ya ada toko modern dengan harapan pelanggan tetapnya masih setia membeli di tokonya. Dalam
mempertahankan kelangsungan tokonya pemilik toko sangat menjaga hubungan baik dengan
pembeli satu pelanggannya dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan ramah, selain itu
juga memberikan pinjaman apabila dalam melaukan pembelian pembeli kurang uangnya maka
dapat dibayar besok hari, selain itu juga berusaha menambah jenis barang dagangan sehingga
paling tidak mendekati jenis-jenis barang yang dijual di toko modern.

Kata kunci: Holistic single case study, toko modern, toko tradisional,omset


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v16i2.2167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.