POLA PERMINTAN DAN PENAWARAN KETERSEDIAAN DAGING SAPI NASIONAL TAHUN 2030 DENGAN PENDEKATAN FORECASTING

Moeljono Moeljono

Abstract


Ketersediaan daging sapi berpengaruh penting terhadap program swasembada daging sapi yang dicanangkan oleh pemerintah. Dengan tersedianya jumlah daging sapi di Indonesia maka program pemerintah tersebut akan terlaksana dengan baik.Indonesia perlu belajar dari kegagalan program swasembada daging sapi, 3 kali swasembada 3 kali gagal. Pemerintah dan masyarakat sejak lama bermimpi mengulang sukses sebagai negara pengekspor sapi seperti pada era tahun 1970-an.

Tujuan penulisan adalah (1)untuk mengetahui perbandingan antara produksi daging sapi dan konsumsi daging sapi tahun 2010-2018, (2) Untuk menganalisis perbandingan antara penawaran daging sapi dengan permintaan daging sapi di tahun 2030 secara nasional. Metode analisis yang digunakan (1) analisis deskriptif; (2) metode analisis forecasting. Hasil pengujian  (1) perbandingan antara penawaran dan permintaan daging sapi tahun 2010-2018 setaip tahunnya berbeda yaitu pada empat tahun pertama penawaran lebih besar dibanding permintaan, pada lima tahun terakhir, permintaan lebih besar dibanding penawaran, (2) penawaran dan permintaan daging sapi nasional tahun 2030 mengalami trend kenaikan dan perbandingan produksi dengan konsumsi daging sapi nasional 2030 menunjukkan rasio permintaan daging sapi lebih besar dibandingkan dengan penawaran daging sapi.

Kata kunci: Analisis Forecasting, Trend, Ketersediaan Daging Sapi, Konsumsi Daging Sapi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i1.2105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.