FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DI KABUPATEN BADUNG

Ida Ayu Nyoman Yuliastuti, Putu Kepramareni, I Gusti Ayu Asta Yunisari

Abstract


Lembaga Perkreditan Desa adalah lembaga keuangan mikro non-bank yang dimiliki oleh desa adat atau desa pekraman di Bali. LPD adalah badan usaha yang kegiatannya mengumpulkan dana publik dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit. Profitabilitas adalah indikator untuk menilai apakah kinerja keuangan manajemen LPD baik atau buruk dalam menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cash turnover, risiko kredit, loan to deposit ratio, bopo terhadap profitabilitas.

Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan LPD di Kabupaten Badung untuk periode 2016-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah LPD di Kabupaten Badung yang terdaftar di LPLPD berjumlah 122 LPD. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel 102 LPD. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa cash turnover dan risiko kredit tidak berpengaruh terhadap profitabilitas LPD di Kabupaten Badung. Hasil lainnya didapat bahwa loan to deposit ratio berpengaruh positif terhadap profitabilitas LPD di Kabupaten Badung, sedangkan bopo berpengaruh negatif terhadap profitabilitas LPD di Kabupaten Badung.

 

Kata kunci:          Perputaran Kas, Risiko Kredit, Rasio Loan to Deposit, Bopo, Profitabilitas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i1.2102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.