PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA USAHA KECIL TELUR ASIN DI KELURAHAN TEGAL SARI, KECAMATAN CANDI SARI, SEMARANG

Nisa Novia Avien Christy, Dwi Widi Pratito

Abstract


Persaingan usaha yang terjadi semakin kompetitif menuntut para pelaku usaha agar memperhatikan efisiensi dan efektifitas dalam penggunaan sumber daya yang dimiliki agar tujuan yang ditetapkan perusahaan tersebut tercapai. Salah satu faktor pendukung keberhasilan suatu perusahaan tercapai adalah perusahaan mempunyai strategi pemasaran yang tepat. Kegiatan pemasaran pada intinya memfokuskan diri pada produk, penerapan harga, kebijakkan distribusi dan cara promosi, yang dalam hal ini dikenal sebagai bauran pemasaran. Kegiatan pemasaran tentunya membutuhkan suatu strategi. Strategi ini tentu harus mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan yaitu peningkatan mutu dan luasnya jaringan pemasaran

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha telur asin dan Teknik penjualan dalam pemasaran telur asin. Penelitian ini menggunakan 

analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) responden yang merupakan pengusaha kecil telur asin di wilayah Tegal Sarii yang masuk menjadi anggota UMKM Mekarsari

Hasil dari penelitian ini adalah Penerapan strategi bauran pemasaran Telur Asin Semarang belum optimal. Usaha Telur Asin semarang tersebut masih menggunakan teknik pemasaran tradisional. Sedangkan Teknik Teknik penjualan yang dilakukan oleh pengusaha telur asin meliputi: 1)Teknik personal selling (dalam hal ini dengan penjualan keliling), 2) Teknik penjualan dengan identitas khusus (atribut dan bahasa panggilan), dan 3)Teknik pemotongan harga (pemotongan harga bagi pelanggan tetap dan dalam jumlah banyak.

 

Kata Kunci : bauran pemasaran, pelaku usaha, Teknik penjualan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i1.2101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.