PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN, SIKAP INDIVIDU TERHADAP MINAT INVESTASI SAHAM DI KALANGAN MAHASISWA S2 MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS SEMARANG

Asah Wiari Sidiq, Asih Niati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh tingkat literasi keuangan, sikap individu terhadap minat investasi saham.

Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner yang disebar kepada mahasiswa S2 Magister Managemen Universitas Semarang. Total sampel yang digunakan sebanyak 74 responden mahasiswa yang aktif pada semester berjalan. Penelitian ini menggunakan alat statistik regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi keuangan mengenai investasi saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap individu dan memiliki kontribusi sebesar 7,7%, sisanya sebesar 92,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Sedangkan variabel sikap individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi saham.

 

Kata Kunci : literasi keuangan, sikap individu, sosio demografi, minat investasi saham


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v18i1.2097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.