Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Return On Assets (ROA), dan Loan To Deposit Ratio (LDR) Terhadap Penyaluran Kredit Pada Bank Asing Yang Go Public Di Indonesia Periode 2010-2014

Widya Puspapradana, Yulianti Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempegaruhi penyaJuran kredit, dalam penelitian ini peneliti meneliti beberapa variabel yang berpengaruh terhadap penyaluran kredit yaitu Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Rehm, On Assets (ROA), dan Loan to Deposit Ratio (LDR). Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah Model Regresi Linier Berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan yang diterbitkan oleh Bank Indonesia pada periode 2010-2014.Jumlah sampeJ adalah IO industri perbankan diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen DPK, CAR, NPL, ROA dan LOR secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Penyaluran Kredit. Berdasarkan hasil uji t disimpulkan bahwa variable DPK dan IDR secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Penyaluran Kredit Sedangkan variabel CAR, NPL, dan ROA secara parsial berpengamh tidak signifikan terhadap Penyaluran Kredit. Berdasarkan basil analisis regresi diperoleh Adjusted R2 sebesar 0,867, hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 86,70% dan sisanya sebesar 13,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci:Kredit, DPK, CAR, NPL, ROA dan LDR


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v15i3.2055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.