ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi pada PT Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Sultan Agung Semarang)

Yunus Elfanus, Sri Purwantini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, promosi, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah BCA Sultan Agung Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan nasabah BCA Sultan Agung Semarang yang bertransaksi lebih dari satu kali dan menjadi nasabah lebih dari satu tahun. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 75 responden. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan basil penelitian tentang pengaruh kualitas layanan, promosi, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah BCA Sultan Agung Semarang maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah sehingga semakin baik kualitas layanan maka akan semakin meningkatkan kepuasan nasabah. Ada pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap kepuasan nasabah sehingga semakin lengkap dan menarik promosi BCA dalam menunjang kelancaran dan pelayanan kepada nasabah maka akan semakin meningkatkan kepuasan nasabah. Ada pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan terhadap kepuasan nasabah                       sehingga semakin tinggi kepercayaan dari nasabah maka akan meningkatkan kepuasan nasabah.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Promosi, dan Kepercayaan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v15i2.2037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.