PENGARUH MANAJEMEN KLIEN DAN AUDIT TIME BUDGET PRESSURE TERHADAP INDENPENDENSI AUDITOR (STUDI KASUS PADA KAP DI KOTA SEMARANG DAN YOGYAKARTA)

Desi ldayustina Wiyarni, Saifudin Saifudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji beberapa faktor yang berpengaruh terhadap independensi auditor. Bagaimana auditor akan bersikap bila mendapat tekanan dari klien. Penelitian ini mengidentifikasi dua faktor, yaitu tekanan manajemen klien dan audit tekanan waktu anggaran, yang mempengaruhi independensi auditor. Penelitian ini menggunakan metode survei. Dari 61 kuesioner yang dikirim, hanya 48 kuesioner yang kembali dan yang dapat digunakan dalam analisis. Metode yang digunakan dalam analisis adalah statistik deskriptif, uji kualitas data, uji normalitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, regresi tinier berganda,dan uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa intervensi manajemen klien, tingkat pemutusan hubungan kerja dan penggantian auditor tidak memiliki pengaruh positif terhadap independensi auditor. Sebaliknya lama hubungan dengan klien berpengaruh . signifikan terhadap independensi auditor.Sementara itu, tinggi pembayaran jasa audit juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap independensi auditor. Pada tekanan audit waktu anggaran, studi ini juga menemukan berbagai basil. Tidak ada berpengaruh signifikan antara waktu audit anggaran yang ketat terhadap independensi auditor. Sebaliknya, sanksi audit atas anggaran waktu memiliki berpengaruh positif terhadap independensi auditor. Nilai Adjusted R2 sebagai indikator koefisien determinasi sebesar 46,5%. Hal ini berarti variabel independen 46,5% mempengaruhi independensi auditor, dan 53,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Kata kunci: Auditor independensi, tekanan manajemen klien, tekanan anggaran waktu audit.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v14i2.2033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.