ANALISIS PENGARUH KOMPENSASI, PENGEMBANGAN KARIR, DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN HOTEL PANDANARAN SEMARANG

Restu Fentina Soraya, Sri Purwantini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi tingginya tingkat turnover intention di Hotel Pandanaran Semarang diantaranya faktor yang dianalisis adalah kompensasi, pengembangan karir dan stres kerja. Penelitian ini menggunakan sampel karyawan Hotel Pandanaran Semarang yang berstatus kontrak dengan jumlah sampel yang ditetapkan adalah sebanyak 60 orang responden. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah dengan menggunakan metode purposive sampling dan metode analisis data yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda yang menggunakan bantuan program SPSS. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pengaruh yang signifikan. Tabel model summary menunjukkan angka koefisien determinasi berganda (R2) sebesar 0,832. Hal ini berarti bahwa tingkat turnover dipengaruhi sebesar 83,2% oleh variabel kompensasi, pengembangan karir, dan stres kerja, sedangkan sisanya sebesar 16,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti.

Kata kunci : kompensasi, pengembangan karir, stres kerja, dan turnover intention


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v14i2.2032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.