ANALISIS PENGARUH NET PROFIT MARGIN, RETURN ON INVESTMENT, PRICE EARNING RATIO DAN DEBT EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM ( Studi Kasus Pada Perusahaan Farmasi Di BEI Tahun 2009 - 2012 )

Anakka Nur Koliq, Aprih Santoso

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk ( l) mengetahui pengaruh Net Profit Margin terhadap Harga Saham pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek lndonesia(BEI) (2) mengetahui pengaruh Return On investment terhadap Harga Saham pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEi (3) mengetahui pengaruh Price Earning Ratio terhadap Harga Saham pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEi. (3) mengetahui pengaruh DER terhadap Harga Saham pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEi. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah periode 2009-2012. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di BEi. Pemilihan sampel menggunakan metode sensus sampling. Jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan farmasi yang terdaftar di BEi pada periode 2009-2012. Analisis linier berganda dilakukan untuk mengetahui pengaruh dua atau lebih variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ROI berpengaruh terhadap harga saham sedangkan NPM, PER dan DER tidak berpengaruh terhadap harga saham

Kata kunci: Net Profit Margin, Return On Investment, Price Earning Ratio, Debt Equity Ratio dan Harga Saham.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v14i2.2031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.