ANALISIS PENGARUH KOMPONEN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2012

Rosi arista, lndarto lndarto

Abstract


Modal intelektual telah menjadi aset yang sangat bemilai dalam pembentukan nilai perusahaan. Basis pertumbuhan perusahaan berubah dari bisnis yang berdasarkan tenaga kerja menjadi bisnis berdasarkan pengetahuan. Komponen utama dari VAICTM dapat dilihat dari sumber daya perusahaan, yaitu physical capital (VACA), human capital (VAHU), dan structural capital (STVA). Penelitian ini menggunakan komponen modal intelektual VAHU, VACA dan STVA sebagai variabel independen dan nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komponen modal intelektual VAHU, VACA dan STVA terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh data keuangan perusahaan yang melakukan IPO di BEi selama periode 2009-2012. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling.. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan basil penelitian, dapat diketahui bahwa VAHU berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan berdasarkan nilai signifikansi < 0,05. Sedangkan VACA dan STVA tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci : value added capital employed, value added human capital. Structural capital value added, nilai perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v14i2.2029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.