ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT ARDENDI JAYA SENTOSA SEMARANG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi empiris pada produk suku cadang sepeda motor Federal)

Mucklisin Mucklisin, Edi Suryawardana

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya sebuah fenomena bisnis yang sedang dihadapi PT Ardendi Jaya Sentosa Semarang. Fenomena tersebut menunjukkan fluktuasi jumlah penjualan yang cenderung menurun. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti menggunakan beberapa konsep diantaranya adalah harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan sebagai intervening dan loyalitas sebagai variabel yang dipengaruhi. Sampel penelitian sebanyak 96 responden. Penelitia ini menggunakan alat uji analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan nilai parcial t test significant adalah harga 2,22, kualitas produk 2,08, kualitas pelayanan 2,70 dan kepuasan 4,06 yang kesemuanya lebih besar dari t tabel 1,96. Selain itu juga diketahui pengaruh langsung dan tidak langsung yaitu dengan persamaan regresi sebagai berikut Y2=0,22Xl+o,28X2+0,23X3+0,36Yl untuk pengaruh langsung dan Y2=0.079Xl+0.101X2+0.082X3 untuk pengaruh tidak langsungnya. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,51 atau 51%.

Kata kunci : harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan, loyalitas.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v14i2.2027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.