RASIO KEUANGAN DAN PERINGKAT OBLIGASI

IDA NURHAYATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah rasio keuangan mampu memprediksi peringkat obligasi perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Variabel independen dalam penelitian meliputi: rasio leverage. rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, rasio likuiditas, dan rasio produktifitas, sedangkan variabel dependennya adalah peringka obligasi.

Poputasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun pengamatan yaitu tahun 2009 sampai 2011 dan obligasi yang diterbitkannya diberikan pea illgkat oleh PT Pefindo. Metooe saJrJmg ytl.ng digunakan adaiah rnetode sampling bersas3ran yang mensya.ratkan bahwa perusabaan yang dijadikan sampel memiliki dala yang leogkap. Jumiah sampel dalam penelltian sebanyak 40 perusahaan dan dalarn ~ngujian bipotesisnya menggun2kan aLlt analisis regresi logistik.

Berdasarkan basil pengujian hipotesis hanya variabel rasio lewrage. Rasio likuiditas. dan rasio solvabilitas terbukti mampu memprediksi peringkat obliges, sedangkan rasio profitabilitas dan rasio produktifitas terbukti tidak mampu memprediksi peringkat obtigasi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v11i3.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.