ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KESEDIAAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN USAHA DALAM MEMBAYAR PAJAK (STUDI DI KABUPATEN PATI JAWA TENGAH)

Widhy Setyowati, Hesty Ningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor - faktor yang mempengaruhi kesediaan wajib pajak orang pribadi yang melakukan usaha dalam membayar pajak dengan menggunakan beberapa variabel bebas yang juga pernah digunakan dalam penelitian sebelumnya seperti kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman terhadap peraturan perpajakan. persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, persepsi yang baik terhadap pelaksanaan sanksi denda, kepuasan terhadap kualitas pertayanan fiskus.

Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang melakukan usaha dan masih aktif melakukan kewajiban perpajakan di Kabupaten Pati pada tahun 2010 . Teknik pengambilan, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan non probability sampling yaitu convenience sampling (sampel berdasarkan kemudahan). Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 102 responden dan penentuan kecukupan sampel menggunakan rumus Slovin. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kualitatif analisis kuantitatif dengan uji normalitas dan asumsi klasik dan teknik analisis regresi berganda.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v11i3.2016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.