PERBEDAAN PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI YANG BELUM MENGAMBIL MATA KULIAH AUDITING DAN YANG SUDAH MENGAMBIL MATA KULIAH AUDITING TERHADAP PROFESI AKUNTAN PUBLIK (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Perguruan Tinggi Di Semarang)

Hanityo Adi Wibowo, Ardiani lka Sulistyawati

Abstract


Profesi akuntan Indonesia pada masa yang akan datang menghadapi tantangan yang semakin berat, untuk menyangkut profesionalisme profesi mutlak diperlukan. Proses pembentukan profesionalisme profesi berawal dari pendidikan profesi, pendidikan akuntansi di Perguruan Tinggi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui presepsi mahasiswa akuntansi terhadap profesi akuntan publik dengan membandingkan antara mahasiswa yang belum mengambil mata kuliah auditing dan yang sudah mengambil mata kuliah auditing yang akan ditinjau dari ketrampilan, pengetehuan dan etika.

Data diperoleh melalui kuesioner dengan responden 151 mahasiswa akuntansi, yang terdiri dari 76 mahasiswa akuntansi telah mengambil mata kuliah auditing dan 75 mahasiswa akuntansi yang belum mengambil mata kuliah auditing. Analisis data yang diiakukan dalam penelitian ini menggunakan uji ANOVA. Dari hasil uji ANOVA tersebut diperoleh nilai signifikansi untuk hipotesis kedua sebagai berikut : hipotesis ke-2a yama ketrampilan sebesar 0.001; hipotesis ke-2b yaitu pengetahuan sebesar 0.001; hipotesis ke-2c yaitu etika sebesar 0.000.

Berdasarkan basil analisis data tersebut, maka penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa akuntansi mempersepsikan profesi akuntan publik secara posistif, dan terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi yang sudah mengambil mata kuliah auditing dan mahasiswa yang belum mengambil mata kuliah auditing. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah auditing mengenai akuntan publik akan menciptakan persepsi yang lebih positif dibanding dengan mahasiswa yang belum mengambil mata kuliah auditing.

Kata kunci: persepsi, akuntan publik, auditing


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v11i3.2002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.