ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, DEBT TO EQUITY RADO, WINNER/LOSSER STOCKS, DAN KELOMPOK USAHA TERHADAP PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Armando Surya Keke Bintang, Ardiani lka S

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kembali faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap tindakan perataan laba, yaitu ROA, DER dan Winner/tosser stocks. Data dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Sampel penelitian terdiri dari 106 perusahaan manufaktur, perbankan dan perusahaan lainnya yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Untuk menentukan status perusahaan perata dan bukan perata laba digunakan indeks Eckel. Sedangkan untuk menjawab hipotesis peneiltian digunakan alat analisis Logistic Regression. Penelitian ini menyimpulkan adanya tindakan perataan laba yang dilakukan oleh perusahaan go public di Bursa Efek Jakarta. Pengujian multivariate dengan mengguanakan Logistic Regression menunjukkan bahwa ROA dan Winner/losser stocks tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Sedangkan variabel kelompok usaha dan DER berpengaruh signifikan terhadap tindakan perataan laba.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v9i4.1991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.