FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA KEPUTUSAN PEMILIHAN KARIR AKUNTAN PUBLIK DAN NON AKUNTAN PUBLIK PADA MAHASISWA AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S-1 PTN DAN PTS DI SEMARANG)

Kamalludin Husen, Ardiani lka S

Abstract


Dalam dunia kerja ada beberapa karir yang mendapat dijalankan oleh sarjana akuntansi yang telah memperoleh gelar akuntan, misalnya sebagai akuntan publik, akuntan perusahaan, akuntan pendidik, dan akuntan pemerintah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemilihan karir sebagai akuntansi publik dan non akuntan publik yang akan ditinjau dari faktor penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja dan personalitas.

Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi yang aktif dalam perkuliahan pada 2 perguruan tinggi negeri dan 7 perguruan tinggi swasta di Kota Semarang yang duduk pada minimal semester 6. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dihasilkan sampel sebanyak 143 responden yang terdiri dari 21 mahasiswa UNDIP, 19 mahasiswa UNNES, 21 mahasiswa UNISSULA, 22 mahasiswa UNIKA, 17 mahasiswa USM, 15 mahasiswa UDINUS, 10 mahasiswa UNISBANK, 10 mahasiswa STIE BPD dan 8 mahasiswa STIE WIDYA MANGGALA. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan uji WALD (chi square).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam pemilihan karir mahasiswa akuntansi sebagai akuntan publik dan non akuntan publik yang ditinjau dari faktor penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja dan personalitas. Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya faktor penghargaan finanslal, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja dan personalitas saja yang dapat mempengaruhi pemilihan karir sebagai akuntan publik dan non akuntan publik.

Kata kunci : penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilal sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja, personalitas, akuntan publik dan non akuntan public


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v9i4.1985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.