STRATEGI PERUSAHAAN MULTINASIONAL MENGANTISIPASI RESIKO BISNIS GLOBAL

Ardiani lka S

Abstract


Perusahaan multinasional dipengaruhi oleh situasi politik di negara tuan rumah dan perubahan hubungan politik antara negara tuan rumah, negara asal dan negara pihak ketiga. Keadaan dan kejadian politik yang mempengaruhi perusahaan multinasional dinamakan resiko politik. Pengaruh tersebut dapat berdampak positif atau negatif kepada perusahaan multinasional. Namun dalamkenyataannya, perhatian manajer biasanya terfokus pada pengaruh negatif yang mungkin terjadi.

Manajemen resiko politik mengacu pada langkah yang diambil oleh perusahaan untuk menaksir kemungkinan kejadian politik yang tidak terduga, untuk mengantisipasi bagaimana kejadian tersebut dapat mempengaruhi kesejahteraan perusahaan dan untuk menghindari kerugian (atau mencoba mendapatkan keuntungan) dari kejadian tersebut.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v8i4.1969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.