TEKNIK DAN TEORI-TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Nunik Kusnilawati

Abstract


Pengambilan keputusan adalah merupakan bagian kunci kegiatan manajer. Kegiatan ini memainkan peranan penting, terutama dalam pelaksanaan fungsi perencanaan. Perencanaan menyangkut keputusan-keputusan yang sangat penting dan jangka panjang yang dapat dibuat seorang manajer. Dalam perencanaan, harus diputuskan tujuan-tujuan organisasi yang ingin dicapai, sumber-sumber daya yang tersedia dan dapat digunakan, serta pembagian tugas beserta pelaksana tugas yang dibutuhkan.  Keseluruhan proses perencanaan tersebut melibatkan serangkaian situasi pembuatan keputusan. Kualitas keputusan akan menentukan keefektifan rencana yang disusun.

Tugas utama seorang manajer antara lain adalah pengambilan/pembuatan keputusan, dan kemudian bertindak atas dasar keputusan yang dihasilkannya. Bagi yang menganut manajemen proses, maka keputusan adalah sesuatu yang mutlak merupakan suatu keharusan dalam pelaksanaan fungsi fungsi manajemen (planning, organizing, actuating, controlling). Pengambilan keputusan menjangkau setiap aspek manajemen, karena terdapat dalam setiap bagian organisasi dan berhubungan dengan semua persoalan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v8i4.1964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.