KERJASAMA INTERNASIONAL DAN STRATEGI PERUSAHAAN MASUK KE PASAR INTERNASIONAL

Andy Kridasusila

Abstract


Suatu negara berbeda dengan negara lainnya ditinjau dari sumber alamnya, iklim, letak geografis, penduduk, keahlian, tenaga kerja, tingkat harga keadaan struktur ekonomi dan sosialnya perbedaan perbedaan menimbulkan pula perbedaan barang yang dihasilkan biaya yang diperlukan, serta mutu dari kuantumnya. Karena itu mudah dipahami adanya Negara yang lebih unggul dan lebih istimewa dalam memproduksi hasil tertentu. Hal ini dimungkinkan karena adanya barang yang hanya dapat diproduksi di daerah tertentu, sehingga negara itu dapat menghasilkan barang yang lebih bersaing bilamana keunggulan suatu negara dalam memproduksi suatu jenis barang lebih baik dan lebih murah disebabkan faktor - faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal, dan pengurusannya) maka negara tersebut dapat pula memperoleh "keunggulan" ini disebabkan karena produktivitasnya yang tinggi.

Adakalanya produksi dari suatu negara belum dapat di konsumsi seluruhnya di dalam negeri maka hal ini setelah mendorong orang atau negara tersebut untuk memperdagangkan hasil produksinya ke negara lain di luar batas negaranya.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v8i3.1959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.