STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG MIKRO PASAR TRADISIONAL DALAM MENGANTISIPASI PERSAINGAN DENGAN PASAR MODERN (STUDI KASUS PADA SEJUMLAH PEDAGANG MIKRO DI PASAR BULU DAN PASAR PETERONGAN)

B. Junianto Wibowo

Abstract


Persaingan yang semakin ketat dengan pasar modern, telah memaksa pedagang mikro di pasar tradisional menggunakan strategi pemasaran untuk menarik pembeli agar tetap membeli barang dagangannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan pedagang mikro di pasar Bulu dan pasar Peterongan, guna mengantisipasi persaingan dengan pasar modern yang semakin ketat.

Responden dalam penelitian ini adalah pedagang mikro dengan jumlah 40 dan dari masing-masing pasar diambil 20. Sedangkan data yang diperlukan berupa data primer mengenai strategi pemasaran dengan fokus pada harga dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen, dan diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada 40 responden. Data primer tersebut, kemudian dianalisis dengan teknik kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis, ternyata dalam mengatasi persaingan dengan pasar modern, responden banyak yang memberikan harga rendah maupun potongan harga. Sementara, dalam pelayanan kepada konsumen, responden membantu membawakan barang, memberi informasi mengenai barang dagangan, dan mengganti barang yang rusak. Sedangkan, pemberian hadiah lebaran kepada pelanggan tetap banyak dilakukan oleh responden di pasar Bulu.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v8i3.1956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.