PERAN PEMIMPIN DAN KEPEMIMPINAN DI LINGKUNGAN BISNIS YANG BERUBAH UNTUK KASUS INDONESIA 20 TAHUN KE DEPAN

Emrinaldi Nur

Abstract


Kendati berbagai kendala ekonomi global, lingkungan bisnis terus berubah akibat pergeseran dari ekonomi internasional ke ekonomi transnasional, sebagaimana istilah Peter Drucker. Ekonomi internasional yang semula terfokus pada pertukaran barang dan jasa kini meluas pada pertukaran informasi, pengetahuan, dan uang. Kemajuan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi berperan penting dalam ekonomi transnasional.

Lingkungan bisnis kian sarat akan informasi dan pengetahuan. Perusahaan-perusahaan kelas dunia berpacu meningkatkan kapasitas pengetahuan dan teknologi informasi demi daya saing global. Dalam ekonomi transnasional, batas-batas negara juga menjadi kabur akibat keterbukaan ekonomi dunia. Bagi bisnis, keterbukaan ini memperluas peluang pasar, terutama bagi negara-negara yang memiliki bargaining power namun mengancam negara-negara yang tidak memiliki daya saing.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v8i3.1948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.