KAJIAN PASAR MODAL : PERAN DAN FUNGSINYA BAGI STAKEHOLDER

Ardiani lka S

Abstract


Perkembangan pasar modal di suatu negara dipandang sangat penting mengingat pasar modal merupakan motor penggerak ekonomi nasional dalam menghimpun dana investasi bagi pembangunan nasional (Ardiani Ika S, 2005:93). Pasar modal muncul sebagai suatu altematif solusi pembiayaan jangka panjang di kalangan usaha yang membutuhkan permodalan dalam jumlah besar. Dengan adanya dana jangka panjang tersebut, maka roda pembangunan khususnya dibidang swasta dan perkembangan perekonomian suatu negara dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan (Robert Ang, 1997:3.2).

Alternatif pendanaan yang paling banyak dipilih adalah pendanaan melalui pasar modal, yaitu melalui emisi saham di bursa efek atau dengan kata lain perusahaan melakukan go public. Sumber pendanaan melalui emisi saham lebih diminati karena adanya keuntungan yang akan diperoleh perusahaan, yaitu jumlah dana yang dapat dihimpun oleh perusahaan bisa berjumlah besar, emisi saham cocok untuk membiayai perusahaan yang memiliki risiko tinggi, tidak ada beban finansial yang tetap (beban bunga}, jangka waktu penggunaan dana tidak terbatas, dan tidak diperlukan jaminan tertentu (Ch. Fara Dharmastuti, 2004:14).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v8i3.1945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.