RASIONALITAS PRIVATISASI

Kesi Widjajanti

Abstract


Penelitian perusahaan di privatisasi  telah dilakukan oleh beberapa peneliti sebelumnya (Ramamurti 2000, Dharwadkar 2000, Doh 2000; Fahy 2003, Zahra 2000, Antoncic B ,2003, Newman 2000) dengan menggunakan berbagai dasar pendekatan teori yang meliputi, Market Based View, Resource Based View, Organizational learning .Property Right Theory, dan Agency Theory.

Studi yang dilakukan oleh Baker dan Sinkula ( 1999) membuat kesimpulan yang berkaitan dengan studi yang dilakukan oleh Narver dan Slater (1995). Narver dan Slater mengemukakan bahwa budaya orientasi pasar akan membentuk kultur perusahaan yang mendukung proses pembelajaran organisasional menjadi aktivitas rutin. Berdasarkan pendapat Narver dan Slater ( 1995), Baker Williem E, dan Sinkula James M menyimpulkan penelitiannya bahwa budaya market orientation dan organizational learning sangat berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif maupun berpengaruh terhadap overal kinerja perusahaan. Pendapat Baker dan Sinkula tersebut juga berlandaskan pada basil risetnya Tiger Li (1999) yang menyatakan market knowledge merupakan sumber daya stratejik perusahaan yang bersifat unik untuk meningkatkan kinerja.

Wright (2000) mengemukakan bahwa ombinasi dari kepemilikan , organisasional dan stuktur incentive yang tepat,  dapat meningkatkan efektifitas privatisasi. Oleh karena itu, perusahaan melakukan privatisasi dapat dijelaskan dengan teori yang berkaitam dengan keefektifan dalam memonitor agen dan untuk memberi insentif agen.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v8i1.1927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.