PEMASARAN RELASIONAL, FAKTOR KEBERHASILAN DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN

DC Kuswardani, Raully Sijabat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini difokuskan pada implementasi proses pemasaran relasional pada perusahaan yang bergerak di automotive industry. Sebagai perusahaan yang sekaligus menyediakan produk dan jasa, PT. Nasmoco Semarang harus dapat memberikan kualitas pelayanan yang ekselen, yaitu pelayanan yang sangat baik yang sesuai dengan harapan pelanggan sehingga dapat memuaskan para pelanggannya secara lebih baik,yang pada gilirannya dapat menumbuhkan loyalitas pelanggan, sehingga terjadi pembelian ulang.

Selain memberikan pelayanan yang ekselen, PT. Nasmoco Semarang menerapkan upaya-upaya untuk mencapai pemeliharaan pelanggan yang berkualitas, customer satisfaction dan loyalitas pelanggan untuk mencapai profitabilitas perusahaan. Salah satu upaya yang selama ini dilakukan adalah dengan membangun costumer data base. Dengan costumer data base yang dimiliki, perusahaan mengembangkan Customer Relationship Management (CRM). Kebijakan CRM yang dijalankan oleh perusahaan diarahkan untuk membangun hubungan dekat dengan para pelanggannya untuk menumbuhkan dan memperoleh kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.Kepercayaan dipandang sebagai unsur sentral dalam menjalin hubungan yang sukses.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v8i1.1923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.