ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN-PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TEXTILE DAN APPAREL DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2003-2007)

Arif Rahman Hakim, lndarto lndarto

Abstract


Abstraksi

Tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan kemakmuran pemegang saham, hal ini dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan sendiri dapat diukur melalui berbagai macam cara, yang salah satunya adalah kapitalisasi pasar. Tetapi kadang perusahaan gagal untuk meningkatkan nilai perusahaan, yang mana salah satu penyebabnya adalah kurang cermatnya perusahaan dalam mengenali faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan dimana dapat dijadikan suatu strategi perusahaan, hal ini akan membuat kinerja perusahaan dipandang buruk oleh stakeholdernya. Penelitian ini membahas faktor-faktor apakah yang dapat berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan pada perusahaan Textile dan Apparel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2003-2007. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari ICMD 2005 - 2008, dan JSX Watch 2004-2008.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode penelitian mulai tahun 2003 hingga tahun 2007, variabel Ukuran Perusahaan (SIZE), Penanaman Modal Asing {PMA), Umur Perusahaan (Age), Profitabilitas (ROE) dan Leverage (DER) terbukti berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (NP). Sedangkan variabel Likuiditas (CR) terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (NP).

Kata kunci : Nilai perusahaan, Ukuran Perusahaan, Penanaman Modal Asing, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v8i1.1919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.