PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI DENGAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI MELALUI PERMAINAN DALAM KELAS

Febrina Nafasati P, Dian Indudewi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan strategi peninjauan kembali melalui permainan dalam kelas yang disajikan pada proses belajar mengajar dalam meningkatkan kemampuan belajar mahasiswa. Serta membuktikan apakah strategi peninjauan kembali melalui permainan dalam kelas dapat meningkatkan pemahaman dan keaktifan mahasiswa dalam proses belajar mengajar.

Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa S-1 Reguler Jurusan Akuntansi Universitas Semarang yang mengambil mata kuliah Pengantar Akuntansi. Pelaksanaan strategi peninjauan kembali dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan pada materi”persamaan akuntansi’ dengan menggunakan permainan ala Holly-wood Square. Sedangkan siklus kedua dilaksanakan pada materi “jurnal umum” dengan menggunakan permaianan Jigsaw. Pada setiap siklus dilaksanakan pre-test dan post-test untuk melihat hasil dari penerapan strategi peninjauan kembali.

Hasil penelitia ini menunjukkan bahwa penerapan strategi peninjauan kembali terbukti dapat meningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang diberikan. Hal ini terlihat dari peninkatan hasil prestasi belajar mahasiswa, dengan terjadinya peningkatan nilai post-test dibandingkan dengan nilai pre-test baik pada siklus pertama maupun pada siklus kedua.

Kata kunci :     Strategi Peninjauan Kembali, Siklus satu, Siklus dua, permainan Holly-wood Square, permainan Jigsaw


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v17i4.1781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.