PERAN AUDIT INTERNAL DALAM RANGKA PENCEGAHAN FRAUD (STUDI KASUS PT JAVA PRIMA ABADI)

Fitrianty Ningsih, Saifudin Saifudin

Abstract


Abstrak

                  Penelitian ini dilakukan di Perusahaan PT. Java Prima Abadi di Devisi Marketing. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis tentang bagaimana pengendalian internal dalam perusahaan dan kecurangan yang terjadi di dalam perusahaan ini.

                      Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan triangulasi sumber data yaitu obeservasi, wawancara, dokumentasi dan focus group discussion, dan kecukupan (adequacy). Dasar prinsip informasi didalam penelitian ini ada 4 orang.

                      Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa masalah kecurangan di dalam perusahaan, masalah yang dihadapi PT. Java Prima Abadi adalah masih lemahnya audit internal dan terdapat kerangkapan fungsi dalam job description pembagian tugas pada karyawan maka perlu ditingkatkannya pengendalian internal dan   pengawasan agar tidak terjadi kecurangan.

 

Kata Kunci : Kecurangan, Audit Internal, Pengendalian Internal


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v17i4.1775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.