ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KEPEMIMPINAN, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( STUDI PADA KARYAWAN BAGIAN KOLEKTOR PT CAKRAWALA CITRAMEGA MULTIFINANCE CABANG SEMARANG )

Andy Praditya, Teguh Ariefiantoro, Edy Suryawardana

Abstract


Abstrak

Manusia merupakan sumber daya terpenting dalam suatu organisasi, instansi atau perusahaan tanpa aspek manusia sulit kiranya organisasi untuk mengemban misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Dapat dikatakan juga apabila faktor manusia tersebut tidak ada maka organisasi yang bersangkutan juga tidak ada karena pelaku atau objek yang hendak dituju oleh suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan kolektor PT. Cakrawala Citramega Multifinance Cab. Semarang. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah metode regresi linier berganda. Teknik pengambilan yang digunakan yaitu sampling jenuh atau sensus dengan jumlah populasi sebanyak 30 karyawan kolektor. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja, kepemimpinan dan motivasi terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

 

Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Kepemimpinan, Motivasi dan Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v17i4.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.