KINERJA KARYAWAN DITINJAU DARI MOTIVASI, PROFESIONALISME DAN KOMITMEN ( STUDI KASUS PADA BAGIAN UMUM PEMDA SUKOHARJO )

Fifin Okfijanti, Istiatin Istiatin, Solichul Hadi AB

Abstract


Abstrak

                      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi, profesionalisme dan komitmen terhadap kinerja karyawan pada bagian umum pemerintah daerah Sukoharjo. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada bagian umum Pemerintah Daerah Sukoharjo. (3) Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme terhadap kinerja pegawai pada bagian umum Pemerintah Daerah Sukoharjo. (4) Untuk mengetahui pengaruh komitmen terhadap  

kinerja pegawai pada bagian umum Pemerintah Daerah Sukoharjo. Penelitian dilakukan pada Bagian Umum Pemerintah Daerah Sukoharjo.

                       Populasi yang digunakan oleh karyawan di Bagian Umum Pemerintah Daerah Sukoharjo adalah 85 karyawan. Sampel yang digunakan adalah karyawan penuh. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, kuesioner dan daftar pustaka. Bukti hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model analisis regresi linier berganda.

                      Hasil penelitian ini adalah variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Komitmen yang tersedia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel motivasi, profesionalisme dan komitmen berpengaruh bersama di Pemda Sukoharjo. Pimpinan untuk meningkatkan motivasi, profesionalisme dan komitmen kerja pegawai bagian umum pemerintah daerah Sukoharjo harus melakukan pelatihan terkait.

 

Kata kunci: motivasi, profesionalisme, komitmen, kinerja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v17i4.1770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.