FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PEMERINTAH KOTA SEMARANG)

Yohanes Suhardjo

Abstract


Abstrak

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang menggambarkan posisi keuangan, kondisi keuangan dan kinerja keuangan pemerintah daerah.

          Penelitian ini menggunakan data primer yang diproleh dengan cara menyebar kuesioner kepada 7 OPD di lingkungan Pemerintah Kota Semarang sebanyak 35 kuesioner yang didistribusikan. Sampel dalam penelitian ini adalah ASN Pemerintah Kota Semarang yang dipilih menjadi responden. Adapun variabel eksogen dalam penelitian ini adalah Kompetensi SDM, SAKD dan SPI sedangkan variabel endogennya yaitu Kualitas LKPD. Teknik pengambilan sampel meliputi 2 tahap yaitu tahap penentuan OPD yang menjadi sampel dan tahap penentuan responden pada OPD yang sebagai obyek sampel. Pemilihan responden menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS).

          Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi SDM tidak berpengaruh terhadap variabel kualitas LKPD. Variabel SAKD tidak berpengaruh terhadap variabel kualitas LKPD. Adapun variabel SPI berpengaruh terhadap kualitas LKPD.

 

Kata kunci : Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Sistem Pengendalian Intern.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v17i4.1769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.