PENGARUH ETIKA, SANKSI PAJAK, MODERNISASI SISTEM, DAN TRANPARANSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DOSEN PADA BEBERAPA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SEMARANG

Luthvitasari Dwi Oktaviani, Saifudin Saifudin

Abstract


Abstrak

                    Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Dian Nuswantoro dan Universitas Stikubank Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh etika, sanksi pajak, modernisasi sistem dan transparansi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak di beberapa universitas swasta di Semarang.

                    Penelitian ini dianalisis dengan metode analisis regresi linier berganda menggunakan produk statistik dan solusi layanan (SPSS). Data yang digunakan adalah data primer dalam bentuk kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dosen Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan Universitas Stikubank Semarang. 33 orang digunakan sebagai sampel ditentukan dengan metode purposive sampling.

                    Hasil dapat disimpulkan bahwa etika, sanksi pajak, dan transparansi pajak mempengaruhi kepatuhan wajib pajak, sedangkan modernisasi pajak tidak berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak.

 

Kata kunci: Etika, Sanksi Pajak, Modernisasi Sistem, Transparansi Pajak, Kepatuhan Pajak


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/.v17i2.1459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.