PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEMARANG

Andhy Tri Adrianto, Anitiyo Soelistiyono, Nyayu Nurkomalasari

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan Kewirausahaan dan pengaruh Motivasi Berprestasi Kepentingan Mahasiswa Wirausaha Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. Lokasi penelitian ini laksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

Adapun populasinya adalah siswa kelas sore angkatan 2017/2018 Manajemen Fakultas Ekonomi Semester II, sebanyak 314 mahasiswa Universitas Semarang. Sampel yang diambil adalah 176 responden. Sumber data digunakan dari data primer dan data sekunder. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan uji asumsi klasik menggunakan aplikasi program SPSS ver 18 for windows. Teknik pengambilan sampel Purposive random sampling

Berdasarkan hasil pengujian goodness of fit dari dua variabel independen yang diuji secara individual pengaruh yang paling dominan terhadap minat berwirausaha di Universitas Semarang adalah pendidikan kewirausahaan (dengan koefisien 0,646). Variabel dominan kedua yang mempengaruhi minat berwirausaha di Universitas Semarang adalah motivasi berprestasi (dengan koefisien 0,251). Pendidikan Kewirausahaan mempengaruhi Minat Wirausaha, nilai hitung yang tinggi adalah Berani Mengambil Risiko 0,942, untuk itu perlu dipertahankan sehingga dengan saran untuk perbaikan, siswa dapat lebih baik dalam meningkatkan prestasi belajar wirausaha mereka. Indikator lain seperti, inovasi dengan rhitung 0,907 perlu ditingkatkan. Motivasi berprestasi tidak mempengaruhi minat berwirausaha, Harapan suatu tugas dilihat oleh responsivitas subjek, dengan hitungan 0,746, siswa harus diberikan soft skill training agar lebih jelas dalam melihat potensi yang ada di dalam dirinya, nilai terhitung tinggi r adalah upaya untuk berhasil 0,885, untuk itu perlu dipertahankan sehingga dengan upaya ini siswa dapat lebih meningkatkan keterampilan lunak mereka. Indikator lain, motif untuk mengatasi hambatan dan keterlibatan ego individu dalam tugas dengan rasio yang dihitung 0,811 dan 0,847, perlu dievaluasi dengan benar.

Kata kunci :                             Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berprestasi, Minat dalam Kewirausahaan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/.v17i2.1457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats  SOLUSI is an scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business, Universitas Semarang (Central Java, Indonesia). It is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.