MUSRENBANG ACARA CEREMONIAL ATAU PENYERAPAN ASPIRASI (Studi Kasus Perencanaan dan Penganggaran Dana Desa di Desa Tegal Arum, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah)

Moeljono Moeljono

Abstract


Abstrak

Disahkannya UU RINo. 6/2014 Tentang Desa menimbulkanprodankontra, karena salah satu isi UU tersebut adanyaAlokasi Dana Desasebesar Rp 1 Milyar. Sebagai konsekwensinya desadituntutuntuk membuat perencanaandan anggaran dana desa yang diterima dari pemerintah pusat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses beserta tahapperencanaandan penganggaran Desa di desa Tegalarum. Kecamatan Mranggen. Kabupaten Demak.Peneliti ingin mengevaluasidanmembuktikan secaraempirisbagaimanasebenarnyapraktekyangterjadidalamlingkuppemerintahandesa tentangperencanaandanpengangaranAnggaranPendapatanBelanjaDanaDesa(APBDes). Selainitu,risetinibertujuanmemberikansolusisederhanamengenaiprosesperencanaandan penganggaran yang baikdan benar sehingga tujuan anggaran bisa tercapai.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studikasus dalam menganalisa data. Teknik yangdigunakan untuk memperoleh datayakniwawancara tidak terstruktur, observasi, serta studidokumentasi.

Kesimpulan penelitianberdasarkan temuan penelitidilapangan mencakupbeberapa halyaitu, pelaksanaanMusrenbangdeshanya dilakukan sebagaiacara ceremonialtahunan walau dengan melibatkan partisipasimasyarakat tapi semu karena Musrenbang tetap berpijak pada Pagu Indikatif.Akibatnya,usulanperencanaan yang akan dibuat untukRPJMDesa,RKPDesasebagaian besarditentukanolehkepaladesa dan aparatdesa. Keterbatasan SDM pada Pemerintahan Desa dapat tertutupi dengan Team Work yang solid. Penyusunan RKPDes dan RAPBDes dapat selesai tepat waktu, namun pencairan dana dari pemerintah Kabupaten selalu terlabat, sehingga program yang telah ditentukan selalu mengalami kemunduran.Temuanlainnyayangcukupmenarikadalah“otonomi politik”ditingkat pemerintahdesayangdipegangdandikendalikanolehkepaladesa berdampak terhadap manajemen pengelolaan keuangan desa.Dampaknyatentusajaterhadap penggunaan keuangan lebih sentralistik

 

Kata Kunci: Musrenbangdes, perencanaan, penganggaran, desa

MUSRENBANG ACARA CEREMONIAL ATAU PENYERAPAN ASPIRASI
(Studi Kasus Perencanaan dan Penganggaran Dana Desa di Desa Tegal Arum, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/.v17i2.1453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.