PENGARUH PENGALAMAN DAN DORONGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN

Mario Fahmi Syahrial

Abstract


 

ABSTRAK

Kemampuan untuk menjadi wirausaha membutuhkan pengalaman dan jam terbang. Kemampuan wirausaha di perguruan tinggi dapat diasah dengan mengikuti Job Training atau Praktik Kerja. Pengalaman pendidikan dan pembelajaran yang diperoleh dari berbagai lingkungan, baik di lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat dan alam mampu memberikan pengalaman tentang wirausaha. Pengalaman didapat dari lingkungan yang menjadi sentra wirausaha. Hal ini sama dengan keluarga atau orang tua  yang menjadi wirausaha  atau tidak menjadi wirausaha akan memberikan pengalaman kepada anaknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan lokasi penelitian di Universitas PGRI Ronggolawe Tuban  program studi pendidikan Ekonomi. Jumlah populasi 136 mahasiswa pendidikan Ekonomi angkatan  2014 dan 57 mahasiswa menjadi sempel. Penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengalaman berwirausaha dan dorongan keluarga memberikan pengaruh terhadap motivasi bagi mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Pengalaman Berwirausaha dan Dorongan Keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap Motivasi Berwirausaha, Terdapat faktor (variabel) lain yang tidak masuk dalam model ini yang memberi pengaruh terhadap motivasi untuk berwirausaha.

Kata kunci: pengalaman berwirausaha,dorongan keluarga, motivasi berwirausaha


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/.v17i1.1355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.