PERSEPSI KARYAWAN TENTANG PERAN AUDITOR INTERNAL SEBAGAI PENGAWAS, KONSULTAN DAN KATALISATOR DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PERUSAHAAN1

Siti Cahyaningrum Setyorina

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di PT. Nasmoco Karangjati Motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran auditor internal Nasmoco Karangjati Motor sebagai pengawas, konsultan dan katalisator dalam pencapaian tujuan perusahaan menurut persepsi karyawan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner.  Metode tersebut diujikan kepada karyawan PT Nasmoco Karangjati Motor sebanyak 72 karyawan. Uji metode kuesioner menggunakan uji validitas dengan menggunakan metode korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas dengan menggunakan metode Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) persepsi karyawan tentang peran auditor internal sebagai pengawas dalam pencapaian tujuan perusahaan memiliki hasil perhitungan distribusi kecenderungan frekuensi dengan kategori cukup baik dan berdasarkan analisis data peran sebagai pengawas menduduki peringkat I yaitu dengan total skor 1.585 (33,93%). (2) persepsi karyawan tentang peran auditor internal sebagai konsultan dalam pencapaian tujuan perusahaan memiliki hasil perhitungan distribusi kecenderungan frekuensi dengan kategori cukup baik dan berdasarkan analisis data peran sebagai konsultan menduduki peringkat II yaitu dengan total skor 1.552 (33,22%). (3) persepsi karyawan tentang peran auditor internal sebagai katalisator dalam pencapaian tujuan perusahaan memiliki hasil perhitungan distribusi kecenderungan frekuensi dengan kategori cukup baik dan berdasarkan analisis data peran sebagai katalisator menduduki peringkat III yaitu dengan total skor 1.352 (30,92%).

Kata Kunci: Peran Auditor Internal, Pengawas, Konsultan, Katalisator


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.