Komunikasi Diadik Ibu-Anak dan Kematangan Sosial Anak Prasekolah

Sri Widyawati, Martha Kurnia Asih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah ada pengaruh komunikasi diadik ibu dan anak terhadap tingkat kematangan sosial peserta didik TK/PAUD. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan Vineland Social Maturation Scale dan Skala Komunikasi Diadik Ibu dan Anak. Sejumlah 33 peserta didik TK/PAUD ikut berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hipotesis diuji dengan teknik analisis korelasi product moment, menghasilkan r= 0,121 dengan p = 0,502 (p > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara komunikasi diadik ibu dan anak dengan kematangan sosial anak, sehingga hipotesis dalam penelitian ini ditolak.


Keywords


kematangan sosial, komunikasi diadik ibu dan anak, peserta didik TK/PAUD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Department of Psychology-Faculty of Psychology

Graduate Program of Semarang University

Address: Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari Kulon, Semarang, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Jawa Tengah, 50196

Email    : filantropi@usm.ac.id

p-ISSN : 2580-6076

e-ISSN : 2580-8532

 

PHILANTHROPY Indexed by:

Gambar terkait