Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kedisiplinan pada Peserta Didik SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang

Irwan Desyantoro, Sri Widyawati, Mulya Virgonita Iswindari Winta

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirirs hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan kedisiplinan pada peserta didik SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kedisiplinan pada peserta didik SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang. Semakin besar dukungan sosial dari orangtua, maka semakin tinggi kedisiplinan pada peserta didik, demikian pula sebaliknya. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 107 orang yang merupakan peserta didik dari SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis dara dilakukan menggunakan teknik Spherman’s rho Corellation. Hasil perhitungan menunjukkan adanya korelasi sebesar 0,333 dengan p = < 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kedisiplinan pada peserta didik, sehinggga hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Katakunci: Kedisiplinan pada Peserta Didik, Dukungan Sosial Orangtua


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.1850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Philanthropy Journal of Psychology Published by:

FACULTY OF PSYCHOLOGY SEMARANG UNIVERSITY 

Address: Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Jawa Tengah, 50196

Email    : filantropi@usm.ac.id

p-ISSN : 2580-6076

e-ISSN : 2580-8532