PENGARUH PELAKSANAAN E KATALOG DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH TERHADAP UMKM

Muhammad Iqbal

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untk  menganalisis pelaksanaan e katalog dalam pengadaan barang/jasa pemerintah dan untk mengkaji pengaruh pelaksanaan e katalog dalam pengadaan barang/jasa pemerintah terhadap Usaha Mikro, Kecil dan |Menengah (UMKM). Seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat disertai dengan pengembangan otonomi daerah, kebutuhan pemerintah akan penyelenggaraan pemerintahan turut meningkat. Kebutuhan pemerintah akan pembangunan sarana dan prasarana dapat sebagai penyediaan pelayanan publik harus dilaksanakan melalui proses pengadaan barang/jasa, Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif. Pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah dengan e katalog  akan lebih terbuka, transparan dan efisien  dengan memangkas proses dan waktu dalam pengadan barang/jasa pemerintah. Pelaksanaan e katalog dalam pengadaan barang/jasa pemerintah berpengaruh pada sektor UMKM,  masih adanya pelaku industri kecil yang selama ini menjadi rantai distribusi barang/jasa. Melalui e katalog yang memutus rantai distribusi tersebut menyebabkan terhapusnya peran penyedia jasa kecil yang selama ini menjadi bagian dari rantai distribusi. Pemerintah telah mendorong pemanfaatan sistem e katalog  bagi UMKM, salah satunya adalah partisipasi UMKM dalam produk lokal e katalog. Pada pelaksanaanya pemanfaatan sistem e katalog bagi UMKM masih kurang, terbukti dengan masih minimnya pemanfaatan sistem e katalog oleh UMKM karena masih terbatasnya modal dan informasi terkait penggunaan sistem e katalog.


Keywords


e katalog; UMKM; pengadaan barang/jasa pemerintah

Full Text:

PDF

References


BUKU

Soerjono Soekamto, Pengantar Penelitian Hukum, UI-Press, 2006, Jakarta.

JURNAL

Adnan Husada Putra, “Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora”, Jurnal Analisa Sosiologi Vol 5 No 2 Oktober 2016, Universitas Sebelas Maret, 2016, Surakarta, hal 44. DOI: https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162

Amelia Iftitah Damayanti, Tjahjanulin Domai, Abdul Wachid, “Penerapan E-Procurement Dalam Proses Pengadaan Barang/Jasa Di Kabupaten Malang”, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No.2, Universitas Brawijaya, 2013, Malang.

Nuryanti, “Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah ( UKM )”, Jurnal Ekonomi Volume 21, Nomor 4 Desember 2013, Universitas Riau, 2013, Pekanbaru.

Rio Pinondang Hasibuan, “Pengadaan Barang Dan Jasa Secara Elektronik Pada Dinas Koperasi Dan Umkm Kota Pekanbaru Tahun 2014”, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) JOM FISIP Vol. 3 No. 2 – Oktober 2016, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 2016, Pekanbaru.

Sri Wahyuningsih, “Peranan UKM Dalam Perekonomian Indonesia”, Jurnal Mediagro Vol 5 No 1, Universitas Wahid Hasyim, 2009, Semarang.

Sudati Nur Sarfiah, Hanung Eka Atmaja, Dian Marlina Verawati, “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa”, Jurnal Riset ekonomi Pembangunan (REP) Vol 4 No 1, Universitas Tidar, 2019, Magelang.

William Christiawan “Analisa Kasus Korupsi Pengadaan Alat KesehatanDi Provinsi Banten Dan Kota Tangerang Selatan”, Jurnal Akuntansi Bisnis, Vol. XIV No. 28 Maret 2016, Universitas Katolik Sugijapranata, 2016, Semarang.

Zaenal Arifin, “Tindak Pidana Korupsi Dalam Proses Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah”, Jurnal Responsif Vol 5 No.5, Universitas Pembangunan Panca Budi, 2017, Medan.

UNDANG-UNDANG

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah,UMKM

Peraturan Presiden No 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat Peraturan Presiden No 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Katalog Elektronik

Internet

https://analisadaily.com/berita/arsip/2017/10/28/440900/penerapan-e-katalog-berdampak-pada-pelaku-usaha/

https://ekonomi.kompas.com/read/2012/03/28/11093274/Tiga.Hal.yang.Buat.UMKM.Tahan.Krisis




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/julr.v3i1.2204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL USM LAW REVIEW

Jurnal USM LAW REVIEW : Journal Law by Department of Pasca Sarjana, Magister Hukum Universitas Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.