KAJIAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KONSENTRASI GLUKOSA DAN ALKOHOL PADA PEMBUATAN TAPE ONGGOK

Muhammad Khoirul Huda, Rosa Ratna Dewi, Muhammad Yuda Prakas, Antonio Nani Cahyanti

Abstract


Onggok merupakan salah satu limbah dari industri tapioca, yang mengandung pati, sehingga berpotensi untuk diolah lebih lanjut, salah satunya dengan dimanfaatkan untuk dibuat tape melalui proses fermentasi. Senyawa yang berperan menentukan mutu tape antara lain glukosa dan alcohol, yang jumlahnya dipengaruhi oleh lama fermentasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh lama fermentasi terhadap kadar glukosa dan kadar alcohol yang dihasilkan. Digunakan Rancangan Acak Lengkap satu faktor yaitu lama fermentasi (dengan taraf perlakukan 0 jam, 24 jam, 48 jam, dan 96 jam) dengan 2 kali ulangan. Hasil penelitian menyatakan bahwa kadar glukosa dan alcohol tertinggi diperoleh pada jam ke-72 yaitu pada kadar glukosa 3,708% dan kadar alcohol 2,916%.

 


Keywords


Oggok; fermentasi; glukosa; kadar etanol

Full Text:

PDF

References


Astawan, M dan W. Mita. 1991. Teknologi Pengolahan Nabati Tepat Guna. CV. Akademika Pressindo. Bogor. Hal 61

Fahmi, N. Nurrahman. 2011. Kadar Glukosa, Alkohol dan Cita Rasa Tape Onggok Berdasarkan Lama Fermentasi. Universitas Muhammadiyah Semarang. Semarang

Hasanah, H. Akyunul, J. Ghanaim F, A. 2012.Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap Kadar Alkohol Tape Singkong (Manihot utilissima Pohl). UIN Maulana Malik Ibrahim. Malang

Hiybrida sakina. 2016. Meneropong proyeksi pasar industry tapioka di indonesia dalam Mars.

Sumanti, M.D., C. Charmencita, H. Marleen, dan T. Sukarti. 2003. Mempelajari Mekanisme Produksi Minyak Sel Tunggal Dengan Sistem Fermentasi Padat Pada Media Onggok-Ampas Tahu Dengan Menggunakan Kapang Aspergillus terreus. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan. Vol XVI. No I Tahun 2005. hal 51-56.

Tranggono, S. 1990. Biokimia dan Teknologi Pasca Panen Yogyakarta Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar Universitas. Cet I hal 8-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.26623/jtphp.v12i2.1812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

View My Stats

Published :

Faculty of Agricultural Technology, Universitas Semarang

Jl.Soekarno-Hatta, Tologosari, Semarang, Indonesia, Telp: 024-6702757, Fax: 024-6702272, e_mail : jurnal_tphp@usm.ac.id.

Creative Commons License
This is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.